Problem Para Artis Melawan Depresi
Media

Problem Para Artis Melawan Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati seseorang yang membuat penderita merasa tertekan dan merasa sedih berkepanjangan. Selain orang biasa, para artis juga mengalami depresi akibat tekanan tinggi yang dihadapinya. Problem para artis yang berkaitan dengan depresi biasanya terbongkar akibat tindakan ekstrem yang dilakukannya. Selain memiliki tingkah laku yang berbeda, artis yang depresi juga dapat memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Jika tidak diberikan bimbingan dan rehabilitasi segera, artis yang depresi akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Problem Para Artis Korea Melawan Depresi

problem para artis

Dibandingkan dengan Indonesia, artis Korea memiliki tingkat yang lebih tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya korban bunuh diri artis Korea akibat depresi. Taeyeon SNSD menjadi salah satu nama artis Korea yang mengalami depresi selama berkarir. Ketika ia mengungkapkan akan kondisi yang sedang dialami, sang artis justru mendapatkan komentar yang kurang sedap. Ia meminta kepada netizen untuk tidak memperlakukan orang seperti dirinya dengan tidak hormat.

Artis Korea lainnya yang mengalami depresi adalah HyunA. Penyanyi asal Korea ini mengakui bahwa dirinya menderita gangguan panik dan depresi. Pada awalnya, ia tidak mempercayai bahwa ia mengidap depresi. Pada pernyataan terbukanya, sang artis berupaya untuk terhindari dari depresi dan mempertahankan kesehatannya. Ia mencoba melawan depresinya dengan bersikap berani dan jujur.

Problem para artis Korea yang berkaitan dengan depresi juga menimpa member Twice, Mina. Tahun 2019 merupakan tahun dimana kabar Mina untuk rehat sejenak terdengar. Pada saat itu, JYP mengungkapkan bahwa sang artis sedang mengalami gangguan kesehatan. Setelah sebulan berlalu, JYP menerangkan bahwa anak asuhannya tersebut menderita gangguan kecemasan. Akibatnya, Mina harus beristirahat sejenak dan tidak mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh member Twice untuk sementara waktu.

Jang Ja Yeon menjadi nama artis Korea yang depresi dan memutuskan mengakhiri hidupnya. Depresi yang dialaminya akibat pelecehan yang dilakukan oleh beberapa hidung belang selama ia berkarir. Ia dipaksa oleh agensi untuk melakukan hubungan seksual dengan petinggi, eksekutif muda, CEO dan direktur. Jika sang artis tidak melakukan tugasnya dengan benar, ia akan mendapatkan hukuman dan siksaan tertentu.

Penyanyi asuhan SM Entertaiment, Sulli menjadi salah satu korban depresi yang berujung kematian. Sang artis merasa kesulitan untuk menghadapi masa lalunya dan mengalami gangguan panik. Akibat tingkat depresi yang ia derita, Sulli ditemukan gantung diri di dalam apartemennya. Ia juga menuliskan alasan ia mengakhiri hidupnya dan kesedihan yang sedang ia alami.

Artis yang Mengalami Depresi dan Pernah Ingin Melakukan Aksi Bunuh Diri

problem para artis

Depresi akut dan problem para artis yang berkepanjangan dapat menjadi alasan kuat mengapa mereka ingin melakukan aksi bunuh diri. Hal serupa pernah dialami oleh manajer JKT48 yang bernama Jiro Inao. Akibat beban pekerjaan yang berat, ia mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Aksi bunuh diri akibat depresi tentunya tidak hanya dilakukan oleh orang awam saja. Akibat kekayaan dan kepopuleran yang dimiliki oleh para artis, mereka dapat merasa depresi karena kehidupannya yang tidak semuanya berjalan dengan baik. Karena itulah, banyak dari mereka yang berupaya untuk melakukan bunuh diri akibat depresi yang dialaminya.

Ashley Judd merupakan seorang artis Hollywood yang pernah ingin mengakhiri hidupnya akibat depresi yang dialami. Keinginan untuk bunuh diri pernah ia rasakan ketika ia menginjak bangku 6 sekolah dasar. Akibat aksinya tersebut, sang artis menjalankan rehabilitasi selama 42 hari. Guna berdamai dengan masa lalunya yang suram tersebut, Ashley banyak melakukan kegiatan amal. Ia sering memberikan bantuan kepada orang yang tidak beruntung dan kepada para yatim piatu.

Artis lainnya yang berkeinginan untuk melakukan bunuh diri akibat depresi adalah Demi Lovato. Artis sekaligus penyanyi ini mengejutkan para fansnya akibat isu kesehatan mental yang ia alami. Kabar ini tersiar akibat kunjungannya ke klinik rehap di tahun 2010 lalu. Selama pengobatan, Demi menceritakan bahwa dirinya mengalami anoreksia, bipolar disorder dan bulimia. Ia bahkan tak dapat mengontrol tindakan dan emosinya. Rasa tidak bahagia yang ia alami akibat rasa tidak terima atas emosi yang ia rasakan.

Masalah artis lainnya yang berkaitan dengan depresi dan pernah mencoba untuk melakukan bunuh diri adalah Catherina Zeta Jones. Sang artis yang menderita bipolar disolder ini membuatnya merasa depresi berkepanjangan. Ia berupaya untuk sembuh dengan menjalani olahraga, meditasi dan menghubungi psikiater. Tindakan yang ia lakukan mendapatkan pujian dari berbagai pihak karena ia pintar dalam mendapatkan pertolongan pertama.

Depresi setelah melahirkan pernah dialami oleh seorang Gwyneth Paltrow. Setelah melahirkan anaknya, sang artis merasa kosong dan tidak dapat merasakan emosinya. Ia merasa seperti zombie. Pada awalnya, depresi akibat melahirkan hanya berupa menangis secara terus menerus. Kemudian sang artis menyadari bahwa depresi pasca melahirkan dapat berupa hal yang berbeda.